Thursday, April 9, 2015

MENGAPA BAJAK LAUT MENUTUP SEBELAH MATANYA?



MENGAPA BAJAK LAUT MENUTUP SEBELAH MATANYA?


          Dalam film-film atau komik-komik yang memperlihatkan para bajak laut, biasanya diperlihatkan mereka mengenakan penutup mata, sehingga hanya satu mata yang terlihat, sementara mata satunya tertutup. Mengapa bajak laut suka menutup sebelah matanya?
Jawabannya bukan karena mata mereka terluka atau semacamnya. Penutup sebelah mata itu ditujukan untuk adaptasi.
          Di masa lalu, kapal-kapal yang berlayar di lautan tidak dilengkapi lampu untuk penerang. Mereka biasanya menyalakan api pada malam hari, namun tidak ada penerang apa pun di waktu siang. Akibatnya, geladak kapal bagian dalam sangat gelap, karena tidak adanya cahaya. Sebaliknya, geladak kapal bagian atas sangat terang, karena terkena sinar matahari. Para bajak laut mengenakan tutup mata untuk menutupi sebelah matanya dengan tujuan agar bisa beradaptasi dengan keadaan tersebut. Saat mereka naik dari bawah ke atas, atau turun dari atas ke bawah, mata mereka harus segera menyesuaikan kondisi, dan penutup mata sebelah itu sangat membantu.

          Bayangkan mereka sedang berada di geladak atas yang penuh cahaya terang, kemudian turun ke geladak bawah yang sangat gelap. Seketika mata mereka tidak akan bisa melihat apa-apa. Sebaliknya, jika mereka ada di geladak bawah yang sangat gelap, kemudian naik ke geladak atas yang terang benderang, mata mereka akan sangat silau. Di situlah fungsi penting penutup mata yang mereka kenakan.



No comments:

Post a Comment